Mengenal jenis pembiayaan di Bank Syariah

22 10 2011

Jenis-jenis pembiayaan di Bank Syariah dapat dikelompokkan sbb.:

1. Pembiayaan konsumer, yaitu pembiayaan untuk pembelian barang-barang/jasa yang sifatnya untuk kebutuhan pribadi, bukan untuk usaha.

Misalnya: Pembelian Rumah, pembelian kendaraan, biaya pendidikan, pembiayaan umrah, dll. Pembiayaan untuk pembelian kendaraan bagi pengusaha rental kendaraan tidak digolongkan dalam pembiayaan konsumer tapi masuk dalam pembiayaan investasi karena kendaraan tersebut digunakan untuk usaha. Pembiayaan konsumer ini biasanya menggunakan skim murabahah (untuk pembelian barang), atau ijarah untuk pembiayaan non kebendaan/jasa. Misalnya, pembiayaan untuk pembelian rumah dengan skim murabahah dengan karakteristik harga jual sudah ditetapkan di awal perjanjian, pembiayaan dana pendidikan dengan skim ijarah.

2. Pembiayaan Produktif, dapat dibagi menjadi 2:

a. Pembiayaan Modal Kerja

Pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja perusahaan dalam menjalankan bisnis/usahanya. Jangka waktu pembiayaan ini biasanya 1 sd 3 tahun. Pembiayaan modal kerja dapat menggunakan skim murabahah, musyarakah ataupun mudharabah. Murabahah apabila pembiayaan modal kerja digunakan untuk pembelian sesuatu yang bersifat kebendaan, misal pembelian alat-alat telekomunikasi untuk memenuhi kontrak pengadaan dari bouwheer (perlu dicatat bahwa alat-alat telekomunikasi tersebut bukan termasuk investasi karena tidak akan menjadi aset perusahaan melainkan akan dijual kepada bouwheer/pemberi kerja). Skim musyarakah digunakan pada kasus pembiayaan yang tidak khusus untuk pembelian barang namun juga untuk memenuhi kebutuhan modal kerja perusahaan yang bersifat non kebendaan, misal: pembayaran gaji pegawai, biaya lain yang langsung berhubungan dengan bisnis perusahaan.

Modal kerja juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis:

1. Modal kerja perusahaan
Modal kerja perusahaan digunakan untuk modal kerja perusahaan yang tidak terbatas untuk proyek/kontrak tertentu. Bisa berupa modal kerja dengan sistem Pembiayaan Rekening Koran (istilah untuk bank konvensional) atau Pembiayaan Dana Berputar dimana bagi hasil yang dibayarkan didasarkan atas rata-rata outstanding nasabah per bulannya.

2. Modal kerja untuk proyek tertentu
Biasanya untuk membiayai proyek yang diperoleh perusahaan. Dapat disetting menggunakan sistem plafon, pencairan dilakukan setiap ada proyek yang diperoleh. Kewajiban nasabah hanya sebatas jumlah yang dicairkan saja.

b. Pembiayaan Investasi
Pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan pembelian aset perusahaan, misalnya pembelian mesin untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi, pembelian alat-alat berat untuk para kontraktor tambang, pembelian kapal untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayaran/angkutan laut, dll.

Jangka waktu pembiayaan ini biasanya lebih lama dari pada jangka waktu pembiayaan modal kerja, misalnya sd 7 tahun. Hal tersebut tentunya didasarkan atas kemampuan cash flow nasabah. Dalam hal ini pihak nasabah juga boleh mengajukan cara pembayarannya, apakah diangsur secara pro rata per bulan ataukah tidak. Apabila pendapatan nasabah setiap bulannya tidak merata, maka bank sebaiknya menyesuaikan, jangan sampai bank memaksakan ansuran yang sifatnya rata per bulannya sedangkan pendapatan nasabah tidak merata setiap bulannya. Hal itu tentunya akan menimbulkan kesulitan nasabah dalam membayar angsuran nantinya.

About these ads

Aksi

Information

3 responses

28 03 2013
properti99

Terima kasih atas infonya.Pembiayaan sistem syariah memang lebih adil dan menentramkan

29 03 2013
pembiayaanku

Sukses buat properti99

29 03 2013
pembiayaanku

Apabila ada calon pembeli rumah tinggal di properti99 yg ingin dibiayai secara syariah, insya Allah saya akan dg senang hati men support

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: